HAL

HUBUNGAN ANTAR LEMBAGA KMTF

Hubungan Antar Lembaga KMTF adalah sebuah departemen yang berdiri dibawah naungan Keluarga Mahasiswa Teknik Fisika, dimana dalam kinerjanya berjalan sesuai dengan visi internal dan eksternal KMTF, yakni sebagai delegasi guna melaksanakan tindakan pencitraan terhadap KMTF itu sendiri dan sebagai jembatan penghubung antara alumni dan mahasiswa DTNTF, bahkan untuk memperoleh berbagai link sebagai akses yang mendukung keperluan dan kebutuhan mahasiswa dalam lingkup akses secara lebih luas. Bidang HAL sesuai dengan namanya bergerak selayaknya humas dalam suatu organisasi yang melaksanakan tugasnya, baik ke dalam maupun ke luar KMTF bahkan UGM sendiri, sehingga setiap pribadi dan individu yang dibentuk di dalam Bidang Hubungan Antar Lembaga sendiri diharapkan mampu membawa diri sebaik mungkin untuk juga dapat memperkenalkan dan mempromosikan eksistansi dari KMTF dan Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika di lingkungan Universitas Gadjah Mada dan lembaga maupun instansi lain di luar Universitas Gadjah Mada.

Bidang Hubungan Antar Lembaga terbagi menjadi 4 divisi, diantaranya :

  1. Divisi Internal
  2. Divisi Eksternal
  3. Divisi Alumni dan Database
  4. Divisi Sosial Masyarakat

Dengan keragaman namun satu tujuan dari ke-4 divisi inilah diharapkan mampu membawa keselarasan dan tercapainya tujuan dari KMTF sendiri. Uraian dari masing-masing divisi diantaranya :

1. Divisi Internal

Divisi Internal adalah divisi yang menjalin hubungan dan kerjasama, baik dengan perorangan atau individual maupun kolektif, lembaga, organisasi internal, dan berbagai elemen himpunan yang berada di internal kampus UGM, baik KM/HM, BSO, BEM, dll. Dengan tujuannya untuk membangun adanya keselarasan antar hubungan yang dijalin sehingga mampu terbentuk link ataupun jaringan komunikasi yang dapat berkembang maupun bertahan secara kontinyu, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi dalam jangka waktu ke depan. Untuk kinerjanya divisi internal pun juga dapat mengikat adanya tali silaturahmi antar bidang, biro, PH, dan berbagai elemen DTNTF sehingga dapat terjadi kesinambungan yang mampu mereduksi terciptanya kesalahpahaman dan eksklusifitas atas dasar privatisasi diri.

Program kerja yang dimiliki divisi ini adalah program Integral Lembaga. Program ini bertujuan untuk memaksimalkan fungsi Bidang HAL sebagai jembatan bagi KMTF dengan civitas DTNTF terutama lembaga yang berada di bawah naungan DTNTF dan KMTF

2. Divisi Eksternal

Divisi Eksternal adalah divisi yang menjalin hubungan dan kerjasama baik dengan individu atau perorangan dan secara kolektif, lembaga, maupun organisasi yang bersifat eksternal, atau dengan kata lain di luar elemen dari DTNTF sendiri, misalnya ialah institusi atau perusahaan-perusahaan, lembaga-lembaga terkait, maupun kunjungan-kunjungan yang bersifat eksternal, baik kunjungan dari SMA, dll. Divisi eksternal sendiri bekerja sebagai wadah untuk memperkenalkan dan menunjukkan eksistansi guna memperkenalkan dan mempromosikan DTNTF sendiri ke pihak-pihak luar, baik dalam memperkenalkan acara yang dimiliki, hingga berbagai komponen-komponen umum yang dimiliki DTNTF sendiri.

Dalam perjalanan kerjanya, divisi ini juga sebagai koordinator dalam rangka menyatukan Teknik Fisika dari berbagai daerah di Indonesia yang dikemas dalam bentuk forum sharing dengan nama acara FKMTF, dan berbagai acara lainnya yang mendukung adanya kesinambungan hubungan antar Teknik Fisika se-Indonesia. Selain itu juga sebagai penanggung jawab dalam rangka memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk dapat memperkenalkan dunia kerja sebenarnya dalam bentuk acara studi ekskursi, di samping tugas utamanya yakni sebagai delegasi khusus ke luar lingkungan UGM maupun sebagai delegasi yang menyambut berbagai kunjungan dari luar lingkungan UGM serta mampu menjadi delegasi guna mewakili KMTF untuk melakukan pencitraan atas dasar undangan maupun dalam rangka memperkenalkan DTNTF ke dalam internal UGM, baik dari segi visi- misi yang ingin dibawa, maupun acara-acara yang melibatkan ragam elemen fakultas teknik maupun UGM.

Program kerja dari divisi ini antara lain :

  1. Kunjungan Internal
  2. Kunjungan Eksternal
  3. Studi Ekskursi
  4. FKMTF

3. Divisi Alumni dan Database

Divisi Alumni dan Database adalah divisi yang memiliki tugas untuk menyimpan dan mempublikasikan data relasi dan segala informasi yang menunjang kinerja Departemen Hubungan Antar Lembaga sendiri maupun berbagai kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika. Dalam kinerjanya tujuan dari adanya divisi ini adalah sebagai jembatan utama yang menghubungkan civitas internal DTNTF dan KMTF dengan alumni-alumni Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika untuk menjalin relasi kerjasama dalam berbagai hal, baik hanya untuk sekedar memperoleh informasi, maupun dalam rangka menyelenggarakan suatu acara secara bersama-sama. Selain melakukan relasi dalam eksekusinya secara langsung di lapangan dengan acara yang dibuat secara bersama-sama antara civitas Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, alumni, dan elemen DTNTF, divisi ini juga memiliki tugas penting dalam hal pendataan secara rinci berbagai informasi-informasi penting yang diperoleh, baik dari alumni, maupun elemen lainnya, sehingga dapat memberikan manfaat untuk dapat membagikan informasi secara lebih luas ke elemen DTNTF secara keseluruhan, baik untuk keperluan KP, Magang, tempat melaksanakan Tugas Akhir (TA), dan berbagai kegiatan dan tujuan terstruktur lainnya.

Program Kerja Divisi ini antara lain :

  1. Jumpa dan Sharing Alumni
  2. Data Base Alumni

4. Divisi Sosial Masyarakat

Divisi Sosial Masyarakat merupakan salah satu divisi yang berperan sebagai wadah anggota Keluarga Mahasiswa Teknik Fisika (KMTF) untuk menyalurkan minatnya pada bidang pengabdian masyarakat. Divisi yang masih muda ini memiliki 2 program kerja yang saling berkaitan. Program yang pertama ialah Aksi Sosial KMTF, kegiatan ini berupa sebuah acara yang memiliki tujuan untuk mewujudkan rasa peduli dan keinginan untuk membantu sesama dari anggota-anggota KMTF. Bentuk acaranya bisa dalam berbagai maca hal seperti baksi sosial, donor darah, kegiatan mengajar di panti asuhan, dan banyak lagi. Program yang kedua yakni desa binaan, kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan sosial yang konkrit di mana anggota-anggota KMTF dapat menyalurkan ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat ikut turut memajukan desa-desa yang notabene merupakan desa-desa yang tertinggal. Dengan adanya divisi ini harapannya anggota KMTF dapat ikut serta secara konkrit dalam memajukan serta mencerdaskan kehidupan bangsa di tanah air tercinta Indonesia.


Dari ke-4 divisi Departemen Hal mampu untuk dapat melakukan pencitraan secara lebih luas dan terstruktur agar JTF semakin tampak eksistansinya di dunia pendidikan, baik dari segi kreativitas, pembawaan inovasi, dan kemampuan untuk menghasilkan alumnus- alumnus terbaik.

Adapun susunan di dalam Department HAL adalah sebagai berikut

Kepala BidangMuhammad Zuhdi Alfathan (089 672 325 569)

Kepala Divisi InternalAndiki Rahyagara (081 221 047 011)

Kepala Divisi EksternalAsgard Susanto Utomo (089 687 499 168)

Kepala Divisi Alumni dan DatabaseAdetia Alfadenata (081 364 324 389)

Kepala Divisi Sosial MasyarakatNur Muna Nadiya (089 605 769 731)

Leave a Reply