Kerumahtanggaan

PROFIL BIRO KERUMAHTANGGAAN

            Biro kerumahtanggaan dibentuk agar kekeluargaan di KMTF lebih terasa, karena KMTF sendiri adalah organisasi yang berasaskan kekeluargaan.

            Objek utama yang menjadi lahan kerja dari biro Kerumahtanggan ada dua;

  • Inventarisasi
  • Kekeluargaan

             Apa yang dimaksud dengan inventarisasi?

            Kantor skretariat merupakan hal yang penting bagi kelangsungan hidup organisasi KMTF. Kondisi sekretariat mencerminkan bagaimana kondisi organisasi tersebut. Pemakaian yang terus menerus dilakukan oleh para pengurusnya cenderung memperburuk keadaan kantor sekretariat. Oleh karena itu, adalah tugas Biro Kerumahtanggaan dalam menjaga keadaan kantor sekretariat, dan seluruh barang inventaris KMTF didalamnya.

            Kemudian, ada juga poin kekeluargaan. Keharmonisan hubungan internal antar pengurus KMTF akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan hidup organisasi kedepannya. Itu juga merupakan tugas dari Biro Kerumahtanggan untuk dapat mewujudkannya.

Untuk itu biro kerumahtanggaan ini mempunyai beberapa program kerja untuk mewujudkan tujuan di atas:

  1. Piket Harian

Waktu  : Senin – Jumat pukul 09.00 – 17.00 WIB

Setiap hari kerja terdapat seorang koordinator piket yang bertanggung jawab atas seretariat pada hari tersebut. Tugasnya adalah mengkondisikan sekretariat agar tetap aman dan nyaman. Menerima tamu yang datang dan surat masuk serta menjaga kantin kejujuran.

  1. Kerja Bakti

Waktu  : Akhir minggu, menyesuaikan

Untuk kenyamanan penggunan sekretariat KMTF maka setiap beberapa minggu perlu diperbaharuia tata letak inventaris di dalamnya. Oleh karena itu seluruh anggota KMTF diharapkan ikut berpartisipasi dalam kerja bakti ini.

  1. KMTF Membaca!

Waktu : Senin – Jumat

Sekretariat KMTF memfasilitasi seluruh anggotanya untuk memperbaharui informasi setiap harinya dengan berlangganan koran. Tersedia juga perpus mini KMTF yang berisi buku-buku kuliah maupun buku umum.

  1. Penyediaan Air Minum

Waktu  : Sepanjang masa kepengurusan

Semua orang butuh minum. Meskipun Departemen KWU sudah menjajakan minuman-minuman yang menyegarkan dahaga, namun seringkali juga habis. Maka dari itu, penting untuk menyediakan minum bagi para pengurus yang datang ke sekre. Untuk menjamu tamu yang datang pun bisa.

  1. Forga KMTF

Waktu  : 4kali sepanjang periode kepengurusan

Salah satu metode penjagaan keadaan internal pengurus, adalah dengan mengadakan kegiatan yang sifatnya menyenangkan dan bisa mengakrabkan satu sama lain.Namun, menyenangkan tapi tidak produktif, jelas bukan hal yang baik apabila dilakukan. Maka dari itu, dipilihlah metode yang menyenangkan, namun tetap mendidik dan berbobot bagi para pengurus kmtf khususnya.

 

             Biro Kerumahtanggan adalah biro yang anggotanya merupakan delegasi dari 4 departemen yang ada. Tahun ini merupakan tahun kedua adanya delegasi tersebut, sehingga biro kerumahtanggan terdiri dari 8 orang. Dari 8 orang tersebut dipilih seorang Kepala Biro, dan seorang sekbend, sedangkan staff yang lain menjadi PJ proker yang ada.

Adapun orang-orang terkait;

 

Kepala Biro     : Ika Rizqi Fauziah

SekBend         : Asih Istiqomah

 

Delegasi

 

  1. OS         : Asih Istiqomah

                          Ilham Yudha W

  1. Intel       : Rahman Kurniady

                         Shaki Saptiadi P

  1. HAL       : Ika Rizqi Fauziah

        Muhammad Irsyad A

  1. KWU      : Gustirana Dwi

         Agung Setiono

Leave a Reply