Kewirausahaan

KEWIRAUSAHAAN KMTF

 

 

            Kewirausahaan KMTF adalah sebuah departemen yang bernaung utuh dibawah Keluarga Mahasiswa Teknik Fisika sejak beberapa tahun silam (sekitar tahun 2007). Departemen ini diamanahi sebagai salah satu departmen yang bisa membantu sistem finansial dan kemandirian Keluarga Mahasiswa Teknik Fisika. Tujuan dari pendiriannya ialah berkreativitas dan berinovasi dalam bentuk acara atau bisnis kecil-kecilan dengan sebagian untung diberikan ke Keluarga Mahasiswa Teknik Fisika guna menunjang acara-acara lainnya di KMTF.

            Kewirausahaan sendiri kini terbagi 3 divisi:

1.      Divisi Sumber Daya dengan ketua divisinya Yuasti H.N

2.      Divisi Acara dengan ketua divisinya Dhimas W. T

3.      Divisi Dana Usaha dan Kreativitas dengan ketua divisinya Andri S.

 

Diharapkan dengan adanya sinergi dari ketiga divisi ini akan meraih tujuan dari kewirausahaan KMTF sendiri.

Tujuan dari masing-masing divisi dan penjabaran singkat tugasnya

1.      Divisi Sumber Daya

Divisi Sumber Daya adalah Divisi yang menangani kesumberdayaan manusia dalam berwirausaha di intern KWU maupun dalam cangkupan Jurusan Teknik Fisika. Tidak hanya sebagai pemantau saja,divisi ini yang merancang parameter-parameter kewirausahaan dari seorang di Teknik Fisika, khususnya mereka yang aktif di lingkup KMTF.

Divisi ini ialah divisi yang tugasnya akan meningkatkan kemampuan wirausaha kepada para intern kewirausahaan dari sharing-sharing kecil dengan para tetua sebelumnya, lalu mengikatkan tali silaturahmi diantara anak-anak kewirausahaan sendiri dengan berjalan-jalan bersama atau berwisata, dan juga merekruit adik-adik 2013 yang agustus nanti akan masuk ke Teknik Fisika. Tidak hanya itu dalam pendekatan barunya, Sumber Daya juga ingin menampung segala aspek sponsorship dan link ke berbagai perusahaan agar KMTF mampu mendapatkan sponsorship dari perusahaan-perusahaan yang sudah berskala nasional maupun internasional.

2.      Divisi Acara

Divisi Acara adalah suatu divisi yang diamanahi untuk merancang sebuah acara profitable entah itu acara dalam skala nasional, lokal, maupun internasional. Acara ini tidak harus melingkup ke dunia kewirausahaan saja melainkan juga ke ranah-ranah yang terkadang tidak terduga seperti misalkan ke ranah jurusan kita sendiri, atau ranah-ranah dimana memang ada untung yang bisa dipetik dari acara itu.

Acara-acara dari divisi acara ini akan membentuk sebuah rangkaian, yang mana rangkaian itu merupakan sebuah rangkaian acara tahunan dari Departemen Kewirausahaan Keluarga Mahasiswa Teknik Fisika sendiri. Rangkaian acara tersebut ialah Entrepreneurship Chronicles. Acara tersebut minimal terdiri dari tiga acara yang mana acara itu sendiri hasil buah karya anak-anak kewirausahaan.

Dalam Entrepreneurship Chronicles yang pertama memang belum berhasil mendapatkan untung yang maksimal, seandainya benar-benar dimaksimalisasikan di tahun depan, acara Entrepreneurship Chronicles akan bisa lebih profitable  dari tahun ini.

 

3.      Divisi Dana Usaha dan Kreativitas

 

Divisi  Dana Usaha dan Kreativitas adalah divisi yang diamanahi untuk terus berkreasi, berinovasi, dan unjuk gigi dalam konteks berwirausaha. Divisi ini berisikan orang-orang kreatif yang implementatif, dimana mereka selalu mengeluarkan produk-produk jual kepada masyarakat di Jurusan Teknik Fisika. Darisinilah pembelajaran bagaimana cara berwirausaha terbagi secara faktual dan aktual.

Dalam gambaran singkatnya, divisi ini menghasilkan beberapa ide inovatif untuk kewirausahaan sendiri seperti berjualan kantin, berjualan korsa, dan jaket KM, berjualan peralatan lainnya, dan juga membuat sebuah rancangan konsep bisnis yang nantinya akan diimplementasikan.

Berkat ada dukungan dasar dari alumni sendiri, tahun ini divisi dana usaha dan kreativitas juga berusaha untuk membangun sebuah konsep bisnis kecil yang mana bisnis ini menjadi fondasi awal bisnis di dunia KMTF sendiri. Dimana setelah dirancang dan dikonsep secara matang maka bisnis ini akan dijalankan di KMTF dan sebagai landasan buat penghasilan KMTF seutuhnya.

 

            Dengan ketiga divisi dan para pengurus yang penuh semangat membara tahun ini, kewirausahaan KMTF percaya akan untung sekitar 10-13 juta dari segala proker yang terjabar singkat diatas.

 

Leave a Reply